Sabtu, 06 November 2010

Gara-gara Hujan Abu, Air Asia Stop Penerbangan dari/ke Bandung






Jakarta - Hujan abu vulkanik Gunung Merapi sudah memasuki kawasan Bandung, Jawa Barat. Karena itu, maskapai penerbangan Air Asia menghentikan sementara jadwal dari dan ke Bandung mulai hari ini.

"Iya betul, karena abu vulkanik sangat menganggu, karena kalau masuk engine kan bahaya," kata Marketing Director Air Asia Widi Justoro Nugroho kepada detikcom, Sabtu (6/11/2010).

Menurut Widi, pihaknya enggan mengambil risiko sedikit pun dari ancaman abu vulkanik tersebut. Sebab, pengaruhnya cukup besar bagi keselamatan penumpang.

"Waktu Galunggung kan banyak peristiwa terjadi," tambahnya.

Seharusnya, kata Widi, ada enam penerbangan yang dilakukan dari dan ke Bandung hari ini. Rute yang dituju yakni Kualalumpur, Singapura, Medan, dan Denpasar.

"Khusus untuk Medan sudah diterbangkan tadi pagi dari Jakarta," sambungnya.

Air Asia masih melakukan koordinasi dengan BMKG untuk memastikan kondisi udara di Bandung. Penutupan jalur penerbangan akan sangat tergantung kondisi tersebut.

"Kalau disinyalir ada abu sampai siang, cancel lagi. Tapi kalau lihat siang ini lebih baik, besok bisa terbang lagi," tutupnya.

Sebelumnya, bandara Adisutjipto sudah menutup segala aktivitasnya sejak Jumat kemarin. Landasan masih tertutupi debu sehingga membuat semua penerbangan dari dan ke Yogyakarta dibatalkan.

Sumber : detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar