Sabtu, 06 November 2010

Tips Mencari Lowongan CPNS

Info lowongan CPNS menjadi primadona dalam bulan-bulan terakhir ini, namun masih banyak juga yang bertanya, dimanakah engkau berada? Berikut ini tips untuk mencari lowongan CPNS:

1. Website Instansi Pemerintah (xxxx.go.id)

Hampir semua instansi Pemerintah Pusat telah memiliki situs web, dan memajang lowongan CPNS di webnya. Namun kelemahannya adalah ketika hit-nya mencapai angka tertentu, situs tersebut tidak dapat diakses. Hal ini bisa dimaklumi karena yang mengelola web tersebut (berdasarkan pengalaman saya) hanya bisa upload dan edit informasi saja, tetapi belum mampu meningkatkan kapasitas bandwidth-nya. Lagipula SDM nya terbatas dan koordinasi antara pengelola web dengan bagian kepegawaian juga lemah. Jadi jangan heran kalo sering hang atau tidak dapat diakses lagi.

Sewaktu saya mengelola www.kotabekasi.go.id dulu, kita juga sering sulit meminta data pengumuman CPNS dan data peserta yang lolos tes CPNS dari Bagian Kegawaian, karena harus melalui prosedur administrasi (surat menyurat) dan diberi izin oleh Kepala Bagiannya. Demikian juga mereka kalau mau upload data harus mengirim surat ke kita (Badan Infokom) dulu untuk menayangkannya. Jadi gak usah bingung kalo pengumuman terlambat atau tidak ada beritanya lagi, bisa jadi karena kurangnya koordinasi internal instansi yang bersangkutan, alias gak kompak antara web master dengan bagian kepegawaian, seperti terjadi di Perhutani kemarin.

2. Koran atau Radio

Tidak semua instansi pemerintah, terutama pemerintah daerah, punya web site, atau kalaupun punya SDM terbatas dan koordinasi kurang, jadi pengumuman tidak dimuat di web. Oleh karena itu, rajin-rajinlah baca koran lokal (seperti Pikiran Rakyat/PR di Jawa Barat atau Kedaulatan Rakyat/KR di Yogyakarta), terutama pada bulan-bulan Agustus hingga November, karena biasanya pada bulan-bulan itulah formasi pegawai diumumkan. Saya sendiri tahu ada pengumuman CPNS saat itu dari koran Pikiran Rakyat. Untuk instansi pemerintah pusat biasanya dipasang di harian nasional, seperti Kompas, Republika, dsb. Demikian pula radio lokal juga perlu sering-sering disimak, karena ada juga yang disiarkan melalui radio, terutama RRI atau radio ternama di kota Anda.

3. Papan Pengumuman di Instansi

untuk memperkuat informasi, perlu juga mampir ke instansi yang bersangkutan, karena biasanya instansi tersebut menempelkan pengumuman di papan atau pintu yang bisa dilihat oleh umum. Tetapi biasanya pengumuman tersebut tidak lama dipasang (seminggu-dua minggu), setelah itu dicabut. Oleh karena itu rajin-rajinlah menyambangi atau bertanya kepada teman yang sudah bekerja di instansi tersebut untuk mencek pengumuman penerimaan PNS, waktu pengumuman kurang lebih sama dengan pengumuman koran (bulan-bulan Agustus hingga November).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar