Senin, 08 November 2010

Sistem Pendukung Manajemen

- Manajemen dan Membuat Keputusan
- Framework Pendukung Keputusan
- Teknologi Pendukung Keputusan

MEMBUAT KEPUTUSAN DAN PENDUKUNG YANG TERKOMPUTERISASI

- Manajemen Pendukung Keputusan

- Tujuannya :
- Mendukung kinerja manajerial
- Mendukung dalam membuat keputusan


Membuat keputusan manajerial dan Sistem Informasi

Manajemen adalah proses dimana tujuan organisasi dicapai melalui penggunaan sumber daya.

- Sumber: Inputs
- Tujuan yang dicapai: Output
- Mengukur sukses:
Produktivitas = Outputs / Inputs

Membuat keputusan manajerial dan Sistem Informasi

4 Fungsi manajer dalam manajemen :
1. planning ( merencanakan)
2. organizing (mengorganisasikan)
3. directing (memimpin)
4. controlling (mengendalikan)

Keputusan manajerial semakin kompleks untuk beberapa alasan:
1. alternatif yang lebih besar untuk memilihan keputusan karena perkembangan teknologi modern dan sistem komunikasi.
2. biaya perbaikan dapat sangat besar karena kompleksitas dan besarnya operasi, otomatisasi dan reaksi berantai atau bahkan masalah hukum.
3. dalam lingkungan yang berkesinambungan dan ketidakpastian yang sangat fluktuasi dalam beberapa elemen yang berpengaruh.


Sistem Efektivitas dan Efisiensi


Jenis Pengukuran Kinerja ada 2 :
- Efektivitas adalah tingkat tujuan yang dicapai
Lakukan hal yang benar!
- Efisiensi adalah ukuran penggunaan input (atau sumber daya) untuk mencapai output
Melakukan hal yang benar!
Sistem Pendukung Manajemen menekankan efektifitas

Aplikasi komputer yang berkembang dari TPS dan SIM  Aplikasi Proaktif(DSS)

Alat manajemen modern baru :
- Akses Data
- Online analytical processing (OLAP)
- Internet / Intranet / Web untuk mendukung keputusan

Kebutuhan Komputerisasi untuk Mendukung Keputusan dan Teknologi Pendukung

- Kecepatan Komputasi. Sebuah komputer memungkinkan pembuat keputusan untuk melakukan sejumlah besar perhitungan dengan sangat cepat dan dengan biaya rendah. Keputusan yang tepat sangat penting untuk berbagai situasi, mulai dari keputusan seorang dokter di ruang gawat darurat dengan seorang pedagang saham.

- Membuat Produktivitas. Merakit sebuah kelompok pengambil keputusan, terutama para ahli, dapat menjadi sangat mahal. Dukungan terkomputerisasi dapat mengurangi ukuran kelompok dan memungkinkan anggota kelompok berada di lokasi yang berbeda (sasving biaya perjalanan). Selain itu, dukungan staf produktivitas (seperti analis keuangan dan hukum) dapat dibuat
.

Kebutuhan Komputer Pendukung Keputusan dan Teknologi Pendukung

- Pendukung Teknis. Beberapa keputusan diukung oleh komputasi yang kompleks.Data dapat disimpan dalam data base yang berbeda dan memungkinkan untuk diorganisasi /dikelola dalam sebuah website. Beberapa data terdapat dalam bentuk suara dan grafis, dan membutuhkan transmisi yang cepat untuk lokasi yang dituju. Komputer dapat mencari, menyimpan dan mengirimkan data dengan vepat dan efisien.

- Batasan cognitive dalam pemrosesan dan penyimpanan. Menurut Simon (1997), pikiran manusia terbatas kemampuannya dalam memproses dan mencari informasi. Sehingga orang-orang harus berhati0hatri dan terus mencari informasi dengan tingkat kesalahan yang seminim mungkin sesuai dengan kebutuhan mereka.

Proses membuat Keputusan

Keputusan yang membuat masalah (Simon)

- Masalah tidak terstruktur adalah tidak terurut langkah-langkah penyelesaiannya
Beberapa masalah diselesaikan dengan instuisi/pengalaman manusia
- Masalah semi terstruktur adalah beberapa masalah dapat deselesaikan secara terstruktur dan lainnya tidak
memecahkan solusi dengan prosedur dan standar penilaian manusia
- Masalah Struktur adalah semua masalah diselesaikan secara terstruktur langkah-langkahnya.
- prosedur untuk mendapatkan solusi yang terbaik yang dikenal
- Tujuan yang jelas
- Sistem pendukung manajemen harus dibiasakan

Teknologi Pendukung Keputusan

- Sistem pendukung Management
- Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
- Systems Pendukung kelompok(GSS)
- Siostem Informasi perusahaan
- Perencanaan sumberaya perusahaan dan rantai supply manajemen
- Sistem manajemen Pengetahuan
- Systems Pakar (ES)
- Jaringan Syaraf Tiruan
- Systems pendukung Hibrid
- SPK Cerdas








Aspek-aspek khusus pendukung Bisnis

- Keputusan membuat sebuah kelompok/tim
- Anggota kelompok yang bias
- Beberapa, mungki bertentangan tujuan
- Banyak alternatives
- Permintaan yang dapat diukur dimasa yang akan datang
- Attitudes towards risk
- Gathering information takes time and expense
- Informasi yang banyak
- Scenario “What-if”
- beberapa sistem yang real time pada masa percobaan Trial-and-error yang membuat permintaan berkurang
- Perubahan lingkungan yang berkelanjutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar