Jenis-jenis SI
- Hirarki Organisasi
- Level Organisasi
- Sistem Informasi
Jenis Level dalam Sistem Informasi :
1. Level Sistem Operasional
mendukung manajer operasional dengan memantau sehari-hari aktivitas elementer dan transaksi dari organisasi. Misalnya Sistem Pengolahan Transaksi
2. Level Sistem Pengetahuan
Pengetahuan dan data yang mendukung pekerja dalam merancang produk, mendistribusikan informasi, dan penanggulangan dengan dokumen-dokumen dalam sebuah organisasi. Contoh :Knowlages System, Office Aotomation System 3. level Sistem manajemen
Mendukung pemantauan, pengendalian, pengambilan keputusan, dan kegiatan administratif manajer menengah. Contoh : MIS, DSS
4.Tingkat strategis sistem mendukung perencanaan jangka panjang kegiatan dari manajemen senior. Contoh : Sistem Pendukug Perusahaan
Kerangka SI
1.Executive Support Systems (ESS)
2.Management Information Systems (MIS)
3.Decision Support Systems (DSS)
4.Knowledge Work Systems (KWS)
5.Office Automation Systems (OAS)
6.Transaction Processing Systems (TPS)
Systems Pengolahan Transaksi (TPS)
Sistem komputerisasi yang melakukan dan mencatat transaksi rutin sehari-hari yang diperlukan untuk melakukan bisnis; sistem ini melayani level operasional organisasi
TYPE: level Oprasional
INPUTS: tiap transaksi dan tiap even
PROCESSING: updating
OUTPUTS: laporan detail
USERS: operations personnel, supervisors
DECISION-MAKING: Structur tertinggi
EXAMPLE: payroll, accounts payable
Office Automation Systems (OAS)
Definisi :
Sistem komputer yang melakukan pengolahan kata, sistem surat secara elektrik, dan system penjadwalan yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas data kerja dalam kantor atau suatu organisasi.
TYPE: Level Pengetahuan
INPUTS: dokumen-dokumen, jadwal
PROCESSING: management document, menjadwalkan, dan kommunikasi
OUTPUTS: documents; schedules
USERS: clerical workers
EXAMPLE: document imaging system
Knowledge Work Systems (KWS)
Information system that aids knowledge workers in the creation and integration of new knowledge in the organization.
TYPE: Knowledge-level
INPUTS: design specifications
PROCESSING: modelling
OUTPUTS: designs, graphics
USERS: technical staff; professionals
EXAMPLE: Engineering workstations
Decision Support Systems (DSS)
Definisi :
Sistem informasi yang digunakan pada level manajemen dari suatu organisasi yang mengkombinaskan data dan model analisis yang canggih atau peralatan analisis data untuk mendukung keputusan semi terstruktur dan tidak terstruktur.
TYPE: level Management
INPUTS: volume data rendah
PROCESSING: simulasi, analysis
OUTPUTS: analysis keputusan
USERS: professionals, staff managers
DECISION-MAKING: semi-structured
EXAMPLE: sales region analysis
Karakteristik SPK
1. Dengan adanya SPK lebih fleksibel, adaptasi dan respon yang cepat
2. SP dibuat dengan operasional yang mudah oleh programmer profesional
3. SPK disediakan untuk mendukung keputusan dan menyenyelesaikan masalah yang spesifik
4. SP dibuat dengan menggunakan analisis data yang canggih dan dengan perangkat pemodelan yang variatif
Management Information Systems
(MIS)
Sistem Informasi yang ada di level manajemen untuk melakukan : perencanaan, pengendalian, dan membuat keputusan dari permasalahan yang ada dan laporan pengecualian.
TYPE: level managemen
INPUTS: volume data tinggi
PROCESSING: models sederhana
OUTPUTS: laporan ringkas
USERS: managers menengah
DECISION-MAKING: semi-structur
EXAMPLE: annual budgeting
Karakter SIM
SIM mendukung keputusan terstruktur pada kontrol manajemen operasional dan levelnya. Namun, mereka juga berguna untuk tujuan perencanaan staf manajemen senior.
SIM umumnya berorientasi pada pelaporan dan pengendalian. Mereka dirancang untuk laporan pada operasi yang ada dan oleh karena itu untuk membantu menyediakan pengendalian operasi sehari-hari
SIM mengandalkan data perusahaan yang ada dan data yang mengalir.
SIM memiliki sedikit kemampuan analisis.
SIM umumnya bantuan dalam pengambilan keputusan menggunakan data masa lalu dan masa kini.
SIM relatif tidak fleksibel.
SIM memiliki internal daripada eksternal orientasi.
Sistem Pendukung Eksekutif(SPE)
Definisi :
Sistem informasi di tingkat strategis dari sebuah organisasi yang terstruktur dimana pengambilan keputusan melalui grafik dan komunikasi canggih.
TYPE: level Strategis
INPUT: aggregate data; internal and external
PROCESSING: interaktif
OUTPUTS: Proyek
USERS: anager senior
DECISION-MAKING: tidak terstruktur
EXAMPLE: perencanaan oparasional untuk 5 tahun
Klasifikasi SI dalam Struktur Organisasio
Departemen Sistem Informasi
SI Perusahaan
Sistem antar Organisasi
NYCE
SABRE or APOLLO
Klasifikasi SI dalam Fungsi Area
SI Akuntansi
SI Keuangan
SI Manufaktur
SI Pemasaran
SI Sumber Daya Manusia
Penjualan & Sistem Pemasaran
Sistem yang membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan untuk perusahaan produk atau jasa, mengembangkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mempromosikan produk dan jasa, menjual produk dan jasa, dan memberikan dukungan pelanggan yang berkelanjutan.
Manufaktur dan Sistem Produsi
Sistem yang berhubungan dengan perencanaan, pengembangan, dan produksi produk dan layanan dan dengan mengendalikan aliran produksi.
Finansial dan sistem Akuntansi
Sistem yang melacak perusahaan aset finansial dan dana mengalir.
Sistem Sumber Daya Manusia
Sistem yang mempertahankan catatan karyawan; Track keterampilan karyawan, kinerja, dan pelatihan; Dan dukungan perencanaan kompensasi karyawan dan pengembangan karir.
Contoh Proses Bisnis
The Order Fulfillment Process (F 2.12)
Hubungan antar Manajemen dengan pelanggan (Customer Relationship Management)
Customer Relationship Management Bisnis dan teknologi alternatif disiplin untuk mengkoordinasikan proses bisnis untuk berurusan dengan pelanggan.
Customer Relationship Management
Integrasi manajemen rantai pensuplay
Dari pemasok, distributor, dan pelanggan persyaratan logistik menjadi satu proses yang kohesif.
Jaringan rantai suplai fasilitas
Untuk pengadaan bahan, mengubah bahan baku menjadi produk jadi, 'selesai memproduksi dan mendistribusikan ke pelanggan.
Bagaimana SI dapat memfasilitasi Supplay Chain Management ?
SI dapat membantu dan ikut serta dalam jaringan supplay :
Memutuskan kapan dan apa yang harus diproduksi, menyimpan, dan barang mana yang harus bergerak
Berkomunikasi dengan cepat untuk melacak status pesanan
Periksa ketersediaan persediaan dan memonitor tingkat persediaan
Lacak pengiriman
Rencana produksi berdasarkan permintaan pelanggan yang sebenarnya
Berkomunikasi dengan cepat perubahan dalam desain produk
Menyediakan spesifikasi produk
Berbagi informasi tentang tingkat kerusakan dan kembali
Sistem Enterprise
Sistem informasi perusahaan yang mengintegrasikan proses bisnis utama sehingga informasi dapat mengalir bebas antara unit yang berbeda dari perusahaan tersebut.
Manfaat dan tantangan Sistem Enterprise
manfaat
Struktur Perusahaan dan organisasi : Satu Organisasi
Management: Perusahaan berbasis Pengetahuan
Technology: Unified Platform
Business: Lebih efisien dalam operasional dan proses bisnis berorientasi pelanggan
Tantangan
Pelaksanaan yang menakutkan
Biaya yang tinggi dan memanfaatkan masa depan
Tidak fleksibel
Tujuan Enterprises
Tujuan Enterprise: Jaringan sistem menghubungkan beberapa perusahaan dalam suatu industri. Juga disebut diperpanjang perusahaan.
Jaringan jaringan vertikal industri untuk mengintegrasikan operasi suatu perusahaan dengan pemasok.
Jaringan jaringan industri horizontal untuk menghubungkan perusahaan-perusahaan di seluruh industri.
informasi blognya bagus, sangat membantu.. sukses terus ya..
BalasHapus