Senin, 21 Maret 2011

Usaha Kreatif MATA MERAH MERDEKA

usaha kreati fashion

Sablon MATA MERAH MERAH MERDEKA
Usaha ini di geluti oleh seorang lulusan institut seniyogyakarta jurusan seni ukir.
Dia menggeluti usaha ini sejak dia masih kuliah sebagai sampingan, dan hingga sekarang menjadi pekerjaan yang sangat menguntungkan.
Di usaha ini dia hanya membutuh kan al
at alat sederhana dan memanfaatkan keratifitas nya di bidang seni desain grafis.
usaha ini menciptakan baju dan stiker, dan yang sangat di minati adalah baju. karena baju nya tidak terlalu mahal karna hanya menggunakan alat sederhana.
yang di butuhkan hanya petakan kayu buatan nya sendiri yang di tutupi kain kasa, dan tinta sablon.
untuk baju/bahan ia hanya membeli sesuai permintaan ada yang bagus/mahal sampai yang biasa/murah. Pada pembelian bahan kita tau sendiri kalo haraga kain tidak terlalu mahal, biasanya y
ang mahal adalah pada penjahitan nya.
Disini dia punya langganan yaitu tetangga nya sendiri yang punya usaha penjahitan kecil kecilan, dan sekarang setelah menjadi langganan sablon usaha penjahitan dia menjadi berkembang dan sekarang sudah mempunyai karyawan.
harga menjahitkan baju tersebut sangat murah karena borongan sesuai permintaan.
Biasa nya orang yang datang memesan dalam jumlah banyak seperti kaor perkumpulan, geng, kaos olahraga, sampai kaos partai saat pemilu.
Usaha ini masih sebatas teman ke
teman, tapi sudah memiliki pelanggan yang cukup banyak dan hampir setiap minggu ada pesanan.
Memesan baju di Mata Merah Merdeka ini banyak kelebihan nya, hasil sablonan sangat rapi dan tahan lama karna di kerjakan manual.
Dan yang sangat di senangi Apabila kita ingin menyablon baju dan belum punya desain yang bagus, kita bisa minta tolong untuk di desainkan sesuai ke inginan kita.
Dia sangat pintar mendesain dari desain baju, Logo, dan stiker. Usaha ini belUm begitu tenar karena masih usaha r
umahan, dan terbatas.
Tidak jarang pesanan dalam jumlah besar di tolaknya karena kurang tenaga.
Dan dia sudah mempunyai rencana untuk membuka sebuah toko yang isi nya menjual semua hasil hasil karya dia (semoga cepat terlaksana, amin).
Usaha sablon ini tidaklah susah karna hanya meengeprint gambar yang akan di sablon dengan ukuran yang besar, setela
h itu di cetal secara maual ke kain khusus untuk menyablon agar menjadi cetakan,
banyak cetakan tergantung jumlah warna yang ada di baju tersebut setiap warna satu cetakan sendiri.
Setelah cetakan jadi barulah baju polos di siapkan di atas meja kayu khusus buatan nya sendiri dan kemudian cetakan di letakan tepat di tengah tengah atau sesuai keinginan pemesan.
Kemudian baru tinta di siram di atas ce
takan dengan tipis kemudian diratakan dengan kayu, kemudian cetakan selanjutnya dan seterus nya sebanyak warna yang ada.
jadi usaha ini hanya cukup membuat satu cetakan atau dua cetakan (sesuai banyak warna), dan akan di pakai ke semua baju/sesuai banyak baju yang di minta.
Begitu juga hal nya dengan pembuatan setiker.
Usaha ini sangat menguntungkan jika pe
mesan baju meminta banyak baju untuk satu desain.
Harganyapun Beragam semangkit sedikit pesanan maka harga akan mahal seperti satu desain baju hanya untuk dua baju atau satu maka akan mahal, jika kita memesan baju dalam jumlah bayak dengan satu desain maka harga akan sedikit lebih murah.
Pemilik usaha ini pernah bercerita kepada saya keuntungan nya bisa berlipat dari modal.


Hasil pengamatan saya usaha ini sebaik nya memanfaat kan teknologi yang ada, seperti dalam menyablon karena sering mendapat pesanan dalam jumlah besar sebaik nya pengerjaan nya menggunakan alat agar penyelesaian nya bisa tepat waktu.
contoh ALAT :
Seperti hal nya pembuatan setiker seharus nya bisa memanfaatkan printer khusus stiker kara hasil lebih rapi dan tidak perlu mencetak manual perlembar lagi, karena cukup di print dan me motong motong nya saja.
Jadi disini menjual kreatifitas desain nya yang utama.
Dalam hal mempromosikan hasil hasil desain dia juga seharusnya memanfaatkan teknologi tidak cuma dari teman keteman tapi bisa memanfaat kan internet seperti website dan lain lain.
karena dengan memanfaat kan teknologi maka akan mendapat kan keuntungan yang berlipat ganda dan kerjaan semangkin ringan. pemesan pun tidak hanya sekedar teman tapi bisa siapa saja.

Sekian Dari saya
say thanks to : Anto (pemilik usaha MATA MERAH MERDEKA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar